Permintaan Melonjak, Perum Perindo Ekspor Ikan Kembung Ke Thailand

Namun memasuki akhir kuartal II 2021, harga ikan kembung berangsur kembali normal ke harga Rp 25 ribu per kg hingga Rp 30 ribu per kg. Dia berharap, melalui discussion board ini, pasar Timur Tengah bisa menjadi target pasar yang perlu dipertimbangkan oleh para pelaku usaha perikanan Indonesia, khususnya untuk akses pasar potensial seperti Oman, Turki, Arab Saudi, Mesir, dan Iran. Sementara pemerintah, siap menggenjot ekspor ke Timur Tengah sekaligus berkompetisi dengan komoditas perikanan dari negara lain. Sementara, dikutip dari knowledge Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Denpasar, pada semester I/2021 ekspor ikan mengalami peningkatan hingga sebesar 18,seventy one persen dari periode yang sama tahun lalu Rp 928,21 miliar menjadi Rp 1,1 triliun. Ketika dikonfirmasi, BKIPM Denpasar, Anwar menjelaskan, knowledge untuk semester I/2021 ekspor ikan hidup sekitar Rp 109,forty one miliar, sedangkan tahun lalu di periode yang sama sekitar Rp 123,69 miliar. Nilai ekonomi dari ekspor ikan kerapu hidup asal Kepulauan Anambas mencapai Rp.

“Sebelumnya, kami juga baru melepas ekspor perdana ke Tiongkok untuk produk ikan kaca piring sebanyak 12 ton. Dalam waktu dekat, Perinus juga akan melakukan ekspor perdana ke Tiongkok untuk produk ikan layur beku sebanyak 25 ton, dan ke Philipina untuk produk ikan Marlin,” ungkapnya. Sementara itu, Direktur Utama PT Perikanan Nusantara Sigit Muhartono mengatakan, ekspor perdana ke Amerika Serikat dilakukan dengan PO tahap awal sebanyak 132 ton atau dengan nilai sekitar Rp 13 Miliar. Sebelumnya, Perinus juga telah melakukan ekspor produk gurita steam dan entire frozen ke Jepang.

Ekspor Ikan

Selain itu, KKP juga mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan UPI memiliki prosedur yang tepat saat mengerjakan produk perikanan yang diekspor ke luar negeri. PIKIRAN RAKYAT – China menyebutkan bahwa produk ekspor perikanan yang dikirim ke Negara Tirai Bambu itu memiliki indikasi terpapar Covid-19. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meminta jajarannya mendukung penuh pelaku usaha perikanan Indonesia untuk bisa tumbuh di pasar domestik maupun global. Raenhat menjelaskan, ikan kembung sempat langka di awal 2021 lantaran cuaca di Indonesia yang tidak menentu. Kondisi ini membuat harga ikan konsumsi harian rumah tangga ini menjadi melambung hingga Rp40 ribu per kg.

“BUMN harus berpikir besar bagaimana agar terhubung sebagai penampung hasil perikanan yang dikelola masyarakat,” ujarnya. Ekspor ikan hidup dari hasil budidaya masih terhambat karena hanya tersedia enam kapal pengangkut. Sejumlah pembudidaya ikan terpaksa menurunkan produksi karena hambatan pengangkutan ikan hidup untuk pasar ekspor ini. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi mengapresiasi ekspor produk perikanan PT Harta Lautan Indonesia dalam mendorong ekspor produk perikanan Indonesia ke pasar Vietnam dan negara ASEAN lainnya.

Namun, rupanya perlu persiapan cukup panjang, antara lain, untuk mendapatkan izin registrasi dari Marine Stewardship Council , lembaga internasional yang mengawasi penangkapan ikan demi menjaga kelestariannya. “Tadi saya bisik-bisik dengan bupati kalau kita harus membuat sebuah terobosan, kalau bisa untuk pengembangan budidaya perikanan air tawar ini bisa disisihkan dari APBD 5 hingga 10 persen saja,” kata dia. Bahkan, menteri menilai bahwa jenis ikan air tawar ini akan bisa menjadi pesaing ikan dari Norwegia dan Amerika yang terkenal dengan ikan salmonnya.

Sarilamak – Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono menilai bahwa ikan air tawar memiliki peluang ekspor yang besar terkhusus untuk ikan air tawar seperti ikan semah, ikan dewa dan ikan ‘gariang’. Raenhat menuturkan ikan kembung adalah ikan primadona yang banyak dicari baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ikan kembung adalah ikan dengan harga terjangkau namun kandungan gizinya tidak kalah dengan ikan salmon yang cenderung mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.