Lagi, Ppi Ekspor Arang Batok Ke Sri Lanka

Ia telah menerbangkan briket arangnya ke lebih dari 27 negara di kawasan Eropa, Timur Tengah, Rusia dan beberapa negara pecahan Rusia, Maroko, hingga Amerika. Di dalam negeri mungkin iya, tapi di Arab Saudi arang malah menjadi primadona. Arang menjadi komoditas yang sangat laku, sebab orang di Arab lebih suka dan malah dianjurkan memasak makanan menggunakan arang. Padahal, siapa yang tidak tahu kalau negara ini kaya luar biasa dengan sumber daya alamnya.

EKspor arang kelapa

Ini membuktikan bahwa Indonesia tidak mampu mengoptimalkan produk sabut kelapa ini. Agrofarm.co.id-Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor 26 ton briket arang kelapa ke negara tujuan UMM QASR, Irak. Selain itu, dalam rangka hari perkebunan ke-63, secara virtual serentak di 22 UPT di lepas 10 ragam komoditas perkebunan dengan nilai ekonomi mencapai Rp.

Pasar briket arang kelapa untuk shisha terbagi menjadi dua yaitu untuk restoran, kafe dan bar dan untuk dirumah. Sedang pasar untuk konsumsi di rumah juga menurun karena orang lebih mengutamakan belanja makanan dan kesehatan. Seperti yang kita tahu, bahwa tren organik berkembang pesat di pasar dunia terutama di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Australia, dan Eropa Barat. Produk tidak dapat dilabeli “organik” jika minimal 95% bahan baku belum memenuhi standar organik, seperti tidak menggunakan pestisida kimia, pupuk buatan, dan GMO dalam proses produksi dari awal sampai akhir.

Sedangkan tempurung kelapa yang seringkali dibuang dan merupakan limbah, dapat dimanfaatkan menjadi komoditas yang bernilai tinggi. Pengembangan produk kelapa ini dilakukan untuk memberi nilai tambah langsung ke petani dan memperluas akses sampai menembus pasar ekspor negara-negara Eropa. Tarman menjelaskan, industri pembuatan arang tempurung yang dilakukan PT GCI saat ini pada mulanya merupakan industri milik investor dari Korea Selatan tahun 2004. Untuk mengontrol kualitas arang tempurung, PT GCI juga memiliki beberapa alat kontrol. Sebelum produk dikirim, arang tempurung yang diproduksi juga diuji coba untuk melihat kualitas, seperti lama pembakaran pada arang. “Padahal produk kami tidak merusak lingkungan karena berasal dari limbah, tidak sama dengan produk briket arang lainnya,” tambah dia.

Basuki menduga, kesulitan bahan baku tersebut karena ekspor yang berlebihan dari butir kelapa utuh ke luar negeri. Sehingga limbah tempurung kelapa, yang menjadi bahan baku utama produksi briket tersebut menjadi langka. “Beberapa bulan terakhir, bahan baku briket arang kelapa semakin sulit didapatkan,” tambahnya. “Tidak ada negara lain yang sanggup membuat arang shisha sebaik Indonesia.

SEMARANG – Ekspor briket batok arang di Jawa Tengah justru mengalami kenaikan sebesar 10-50%. Tingginya kenaikan ekspor tersebut membuat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi kinerja pengusaha briket arang batok kelapa itu. Meskipun di tengah pandemi, mereka justru kebanjiran order dan ekspor meningkat. Meski permintaan arang batok kelapa untuk ekspor sepi, namun Ngatiran bersama Saleh, saudaranya, masih tetap melakukan proses produksi arang batok kelapa dengan pangsa pasar pemilik usaha kuliner di sepanjang Jalan Lintas Sumatera dan Jalan Lintas Timur Sumatera. Tiga lokasi pembakaran arang batok kelapa dengan produksi sekali proses pembakaran mencapai 1 ton pun kini sedang diistirahatkan, sembari menunggu permintaan untuk pangsa pasar ekspor. Selain kendala masih sepinya permintaan ekspor, ia menyebut permodalan masih menjadi kendala baginya dalam menekuni bisnis pembuatan arang batok kelapa tersebut.

Saya produksi arang kayu keras, laban medang, menteru, dll kami produksi lebih dari 50 ton per bulan,. Dari information performa di atas, produk kopra atau minyak kelapa merupakan produk kelapa yang patut dioptimalkan lebih lagi potensi ekspornya. Salah satu produk minyak kelapa yang bernilai tinggi di pasar ekspor adalah VCO yang beberapa tahun belakangan ini permintaan pasarnya meningkat pesat. VCO bukanlah produk komoditas seperti minyak kelapa konvensional karena dijual dengan harga premium yang jauh lebih tinggi, meskipun tetap mengikuti perkembangan harga minyak kelapa konvensional. Di berbagai supermarket negara-negara Amerika Serikat dan Eropa, VCO dipasarkan dengan tag “cold-pressed” dan termasuk produk premium yang populer. Bandingkan dengan situasi di Indonesia, bahwa VCO masih tidak diapresiasi tinggi oleh pasar.

Menurut knowledge Kementerian Perdagangan tahun 2019, nilai ekspor arang kayu Indonesia ke Kuwait sejak 2015 mencapai US$2,8juta per tahun dan termasuk 10 besar komoditas ekspor nonmigas unggulan di Kuwait. Indonesia mempunyai peluang untuk meningkatkan ekspor arang ke Kuwait. Hal ini didorong oleh kultur masyarakat Timur Tengah yang menggemari berkumpul bersama kerabat dan menikmati kuliner yang diproses menggunakan arang kayu terbaik. Pemilik CV Coconut Internasional Indonesia Asriani mengatakan, permintaan ekspor briket ke Timur Tengah mencapai 10 sampai 20 kontainer per bulan.